Rapat Koordinasi TPID Terkait Langkah Strategis TPID dalam Menjaga Stbailitas Harga

Bag Perekonomian    Kamis, 16 Juni 2022

Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID merupakan tim yang bertugas memantau dan menyiapkan langkah-langkah  untuk mengatasi permasalahan inflasi khususnya di didaerah. Tim pengendalian inflasi di tingkat pusat sendiri sudah ada sejak tahun 2005.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah memiliki berbagai program untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan, berdasarkan hasil sidak yang dilakukan pelaku yang memanipulasi harga atau barang yang diperjual belikan tidak sesuai membuat Masyarakat dipersulit dan merugi.

Dalam hal ini petugas TPID menjaga laju Inflasi yang rendah dan stabil menjelang pelaksanaan event Internasional MXGP Samota 2022 di Kabupaten Sumbawa, maka dilakukan rapat pada tanggal 16 Juni 2022 di Ruang Pertemuan Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa yang dihadiri oleh Bapak Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kabag Perekonomian dan SDA Dr. Dedy Heriwibowo, S.Si, M.Si dan dari berbagai Kepala dari berbagai Instansi di Kabupaten Sumbawa dengan berbagai kesimpulan rapat yaitu :?

  1. Berdasarkan evaluasi harga-harga dalam aplikasi SIANDINI, kondisi harga barang pokok dan barang penting cukup stabil mekipun ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga, seperti cabe.
  2. Perlu dilakukan operasi pasar dalam kondisi tertentu untuk barang-barang yang mengalami kenaikan harga agar terjangkau oleh Masyrakat, dan perlu dilakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) pada komoditi yang stoknya berlebih dan mengalami penurunan harga (seperti gabah dan jagung). KAD dapat difasilitasi oleh Bank Indonesia, dengan tetap mengutamakan pemenuhan kebutuhuan domestik yang harus diprioritaskan.
  3. Penegakan hukum oleh Aparat Penegah Hukum (APH) perlu dilakukan bila terjadi pelanggaran dalam distribus barang pokok dan barang penting yang dilakukan baik oleh oknum aparatur pemerintah, pedagang maupun Masyarakat.
  4. Inovasi dalam rangka distribusi LPG 3 Kg agar tepat sasaran melalui sistem distribusi tertutup misalnya melalui penerbitan Kartu Kendali  sangat bisa dilakukan, dan Kecamatan Sumbawa sebagai Pilot Project yang akan memberlakukan Kartu Kendali tersebut.
  5. Untuk penyaluran LPG 3  Kg, agar lebih merata perlu dilakukan evaluasi dengan menambah jumlah sub penyalur pada titik tertentu seperi di Desa Labuhan Bajo Kecamatan Utan.
  6. Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui TPID akan terus melakukan pemantauan dan melakukan koordinasi dalam rangka pengendalian inflasi daerah sehingga tingkat inflasi dapat terkendali jauh dibawah tingkat pertumbuhan ekonomi.

Beberapa gambar yang diambil pada saat rapat dilakuakan :

Sistem Informasi Peringatan Dini Inflasi Kabupaten Sumbawa Adalah Sistem Pendukung Keputusan (Decisions Support System) Bagi Pengendalian Inflasi Daerah

    Jl. Garuda No 1 Sumbawa Besar
    (0371) 21111 ext. 21581
    bagperekonomian@sumbawakab.go.id
    www.siandini.sumbawakab.go.id

SOSIAL MEDIA
       

PENGUNJUNG
HTML hit counter - Quick-counter.net