Pasokan Elpiji 3 Kg Dipastikan Stabil Selama Nataru

Aly - Kabar Sumbawa    Kamis, 24 Februari 2022

ispeksi lapangan oleh Dinas ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kecematan Maronge.

(https://www.kabarsumbawa.com/wp-content/uploads/2021/12/kesediaan-stok-Elpiji.jpg)

Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMIndag) Kabupaten Sumbawa memastikan pasokan Gas Elpiji 3 Kg stabil selama perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

.

Hal ini dipastikan berdasarkan hasil ispeksi lapangan oleh Dinas ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kecematan Maronge.

.

“Kami sudah melakukan cek lapangan kemarin, dan dari hitungan teknis ketersediaan stok Elpiji khususnya tabung 3 kg aman dan stabil,” kata Kepala Dinas KUKMIndag melalui Kabid Perdagangan, Iwan Setiawan, SP, M.Si., kepada Kabarsumbawa.com, Jumat (24/12/2021).

.

Dijelaskan, stok gas selama Nataru dipastikan aman mengingat pasokan dari Pertamina ke SPBE lancar setiap harinya. Jumlah rata-rata tabung yang dikeluarkan dari SPBE melalui agen untuk didistribusikan ke masyarakat melalui pangkalan sebanyak 12.000 tabung.

.

Apabila terjadi kelangkaan lanjutnya, Pertamina akan menambah stok fakultatif sebagai upaya untuk mengamankan ketahanan stok dengan melihat situasi perkembangan kebutuhan di lapangan.

.

Selain melakukan inspeksi ke SPBE tambahnya, pihaknya juga melakukan pemantauan di tingkat pengecer. Berdasarkan hasil pantauan di beberapa sempel agen, diketahui jadwal dan jumlah tabung yang diterima dirasa perlu ditambah.

.

“Misalnya sejumlah 100 tabung yang diterima hanya mampu tersedia paling lama 3 hari. Artinya hari yang tersisa akan dipandang kelangkaan oleh masyarakat karena saat akan menukar tabung, sudah tidak tersedia,” jelasnya.

.

Sesuai peruntukannya, Elpiji tabung 3 kg bersubsidi hanya untuk kalangan masyarakat kurang mampu dan usaha mikro. Sehingga, diharapkan kepada pelaku usaha kecil, menengah, dan atas, serta masyarakat golongan mampu untuk tidak menggunakan gas 3 kg. “gunakanlah gas non subsidi,” pungkasnya.

.

Sumber : https://www.kabarsumbawa.com/2021/12/24/pasokan-elpiji-3-kg-dipastikan-stabil-selama-nataru/

Sistem Informasi Peringatan Dini Inflasi Kabupaten Sumbawa Adalah Sistem Pendukung Keputusan (Decisions Support System) Bagi Pengendalian Inflasi Daerah

    Jl. Garuda No 1 Sumbawa Besar
    (0371) 21111 ext. 21581
    bagperekonomian@sumbawakab.go.id
    www.siandini.sumbawakab.go.id

SOSIAL MEDIA
       

PENGUNJUNG
HTML hit counter - Quick-counter.net