Kabar Baik ! Kabupaten Sumbawa Mendapatkan Tambahan Kuota LPG 3 Kg

Admin - Amar Media    Senin, 24 Oktober 2022

Aspirasi masyarakat untuk meminta tambahan kuota LPG Tabung 3 Kg yang diperjuangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa bersama DPRD Kabupaten Sumbawa akhirnya berbuah manis. Surat yang dilayangkan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD mendapatkan respon positif Pemerintah Pusat melalui Dirjen Migas telah menambah kuota LPG Tabung 3 Kg dari 9.330 Metrik Ton (MT) menjadi 11.312 MT atau meningkat 2.012 MT atau bertambah sekitar 670 ribu tabung untuk penyaluran bulan Oktober-Desember 2022. Demikian disampaikan oleh Dr. Dedy Heriwibowo, selaku Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Sumbawa yang mengikuti rapat koordinasi dengan Biro Perekonomian dan SDA Provinsi NTB pada Senin, (24/10/2022 ) di Gedung Sakareang Komplek Gubernuran NTB Mataram.

Rapat koordinasi tersebut dibuka oleh  Asisten Perekonomian dihadiri oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB, Hiswana Migas, Pertamina dan Kepala Bagian Perekonomian kabupaten/kota se NTB.

Penambahan kuota LPG Tabung 3 Kg tersebut juga merupakan salah satu hasil dari pertemuan Bupati Sumbawa beserta jajaran pejabat Pemkab Sumbawa bersama Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa, Berlian rayes S.Ag, yang melakukan auidensi dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM, Prof Tutuka Ariadji, M.Sc., Ph.D., IPU.  Pada 26 Juli 2022 yang lalu di Kantor Ditjen Migas Kementerian ESDM.

Pada saat itu, Pak Dirjen menyampaikan komitmennya untuk menjamin ketersediaan pasokan energi bagi masyarakat dan menyampaikan pengawasan LPG Tabung 3 Kg sebagai barang penting menjadi kewenangan Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kabupaten/kota.

Selanjutnya menjadi tugas Pemerintah Daerah bersama Pertamina, Aparat Hukum, DPRD dan pihak terkait mengawasi pendistribusiannya. Kabag Perekonomian menegaskan, tidak ada alasan lagi di lapangan terjadi kelangkaan LPG Tabung 3 Kg karena kuota sangat memadai. Oleh sebab itu kami meminta Pertamina bersama Hiswana Migas sebagai mitra pendistribusian LPG 3 Kg untuk dapat mendistribusikan secara merata untuk masyarakat Kabupaten Sumbawa, tertutama yang menjadi kelompok sasaran dengan tepat harga sesuai Harga Eceran Tertinggi sebagaimana diatur dalam SK Gubernur NTB Nomor 750-365 Tahun 2019. Urai Dr Dedy

Kemudian lanjutnya, berdasarkan Peraturan Presiden No. 104 Tahun 2007 jo Perpres 70 Tahun 2021 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG Tabung 3 Kg bahwa ada 4 kelompok masyarakat sasaran  yaitu rumah tangga sasaran, usaha mikro, nelayan sasaran dan petani sasaran.

Rumah tangga sasaran adalah konsumen yang mempunyai legalitas penduduk, menggunakan minyak tanah untuk memasak dalam lingkup rumah tangga dan tidak mempunyai kompor gas untuk dialihkan menggunakan LPG Tabung 3 Kg termasuk tabung, kompor gas beserta peralatan lainnya. Usaha mikro adalah konsumen dengan usaha produktif milik perorangan yang mempunyai legalitas penduduk, menggunakan minyak tanah untuk memasak dalam lingkup usaha mikro dan tidak mempunyai kompor gas untuk dialihkan menggunakan LPG Tabung 3 Kg termasuk tabung, kompor gas beserta peralatan lainnya. Nelayan sasaran adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang memiliki kapal penangkap ikan berukuran paling besar 5 (lima) gros ton (GT) dan menggunakan mesin penggerak dengan daya paling besar 13 (tiga belas) Horse Power. Petani sasaran adalah orang yang memiliki lahan pertanian paling luas 0,5 (nol koma lima) hektar, kecuali untuk transmigran, yang memiliki lahan pertanian paling luas 2 (dua) hektar, dan melakukan sendiri usaha tani tanaman pangan atau hortikultura serta memiliki mesin pompa air dengan daya paling besar 6,5 (enam koma lima) Horse Power.

Sumber : https://amarmedia.co.id/kabar-baik-kabupaten-sumbawa-mendapatkan-tambahan-kuota-lpg-3-kg

Sistem Informasi Peringatan Dini Inflasi Kabupaten Sumbawa Adalah Sistem Pendukung Keputusan (Decisions Support System) Bagi Pengendalian Inflasi Daerah

    Jl. Garuda No 1 Sumbawa Besar
    (0371) 21111 ext. 21581
    bagperekonomian@sumbawakab.go.id
    www.siandini.sumbawakab.go.id

SOSIAL MEDIA
       

PENGUNJUNG
HTML hit counter - Quick-counter.net